Kementerian Hukum Dan Ham Menyelenggarakan Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Mencapai 7.123 Peserta

  • Bagikan

DENPASAR, tivibali.com- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali menyelenggarakan kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Asisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Rabu (29/09/2021).

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS Kementerian Hukum dan HAM yang berlangsung mulai tanggal 29 September 2021 sampai dengan 5 Oktober 2021 ini diikuti oleh 7123 orang peserta yang terdiri dari 725 orang dengan kualifikasi Non SLTA dan 6398 orang dengan kualifikasi SLTA dimana setiap harinya akan dibagi menjadi 3 sesi dan setiap sesinya akan diikuti oleh 400 orang peserta. Computer Asisted Test (CAT) yang digunakan dalam seleksi kompetensi dasar bertujuan untuk memperoleh CPNS yang profesional, memiliki nilai dasar, dan etika profesi dalam melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan.

Sebelum pelaksanaan SKD dimulai, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali menyampaikan Tes SKD ini merupakan kesempatan yang baik, tidak semua peserta bisa mengikuti tes ini karena ada yang gugur pada saat proses administrasi. Beliau mengingatkan untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kakanwil juga berharap melalui Tes SKD berbasis CAT ini bisa menjaring SDM yang unggul dan terbaik untuk Kementerian Hukum dan HAM.

“Harapan Kami adalah mendapatkan SDM yang terbaik, kita tidak menginginkan SDM yang tidak memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan dan bagi peserta yang belum lulus jangan berkecil hati karena kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda serta semua orang pasti berhasil di bidangnya masing-masing”. Selain itu, kakanwil juga mengatakan bahwa Tes SKD berbasis CAT ini sudah diakui manfaatnya karena sudah beberapa kali dilakukan terbukti mendapatkan SDM yang unggul dan terbaik.

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar (Paulus Dwi Laksono) dalam kesempatan tersebut menyampaikan untuk tidak mempercayai calo ataupun orang – orang yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi CPNS ini karena kelulusan peserta adalah murni merupakan kemampuan dari peserta itu sendiri. Selanjutnya Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar mengajak peserta untuk berdoa sebelum memulai ujian serta berusaha dengan semaksimal mungkin.

Adapun nilai ambang batas minimal yang ditetapkan pada Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021 ini adalah sebagai berikut, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 166 dengan total nilai kumulatif sebesar 331. Kegiatan SKD ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum memasuki lokasi SKD, peserta diarahkan untuk melakukan scan qrcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi, melakukan pengecekan suhu, menggunakan masker 3 lapis dirangkap dengan masker kain, dan selalu menjaga jarak. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *