Jelang Hari Juang TNI AD, Kodam IX/Udayana Gelar Donor Darah Serentak

  • Bagikan
Foto : Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Saat Memberi Teladan Kepada Prajurit dalam Aksi Donor Darah.

DENPASAR, tivibali.com- Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., memimpin langsung kegiatan Donor Darah dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam IX/Udayana, pada Kamis (9/12/ 2021).

Agenda ini berpusat Makesdam IX/Udayana, Saat membuka kegiatan Donor Darah Pangdam mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang (RAK) secara dini untuk kepentingan pertahanan negara.

“Donor darah kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Korem Jajaran Kodam IX/Udayana dengan target 1.000 kantong darah dengan rincian masing-masing Korem menyumbangkan 350 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah terutama di masa pandemi Covid-19,” ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang sukarela dengan tulus menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama. Pangdam menyebut darah yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat melalui PMI Provinsi Bali.

“Donor darah sangatlah berguna untuk misi sosial kemanusiaan maupun bagi kesehatan pendonor, maka saya mengharapkan agar menumbuhkan motivasi dan kesadaran tinggi untuk melaksanakan donor darah secara rutin dan berkala,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Provinsi Bali Gusti Made Arya Wisnu Mataram mewakili Ketua PMI Provinsi Bali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kodam IX/Udayana yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan donor darah ini.

“Sebelumnya kegiatan donor darah sudah sering dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana, bukan saja dilaksanakan pada acara kegiatan dalam rangka hari-hari tertentu, tapi juga banyak anggota Kodam yang secara rutin mendonorkan darahnya serta selalu siap dipanggil untuk donor darah apabila stok darah di PMI sudah tipis atau kosong,” sebutnya.

Menurutnya, hal tersebut tentu saja sangat membantu dalam penyediaan darah kepada masyarakat yang membutuhkan. Disampaikan juga manfaat dari Donor darah adalah untuk menjaga dan memelihara kesehatan, dengan donor yang rutin dapat mengobati penyakit dan darah akan di skrening secara gratis.

Kegiatan Donor Darah di Makesdam IX/Udayana dihadiri sekitar 250 pendonor yang terdiri dari Personel Gabungan TNI Jajaran Kodam IX/Udayana, Perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana, Perwakilan Warga Masyarakat, Perwakilan FKPPI Denpasar, Perwakilan Yayasan Al-Hikmah Joglo, Perwakilan Keluarga Besar Laskar Bali, serta Perwakilan Staf Pegawai Bank BRI, Mandiri, BPN dan BNI.

Diakhir kegiatan, Sekretaris PMI Provinsi Bali menyerahkan Piagam Penghargaan sebagai ucapan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana atas kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan kegiatan sosial kemanusiaan donor darah, dilanjutkan dengan penyerahan paket bingkisan oleh Pangdam kepada perwakilan peserta Donor Darah.

Hadir juga mendampingi Pangdam pada kegiatan tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL dan LO AU, serta Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *