Hari Juang TNI AD Tahun 2021, TNI AD Bersama Rakyat Membangun Bangsa

  • Bagikan
Foto : Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Saat Tabur Bunga Dalam Rangka Ziarahi Makam Pahlawan.

TABANAN, tivibali.com- Berpedoman pada Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Sumanjuntak, M.Sc., memimpin ziarah rombongan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021 bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirtha Tabanan, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Selasa (14/12/2021).

Ziarah rombongan yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan, bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Ini juga dimaknai, agar kita semua sebagai generasi penerus bangsa selalu ingat dan menteladani jiwa perjuangan maupun segala pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan kusuma bangsa demi kemerdekaan Negara Indonesia yang kita cintai, ungkap Kapendam IX/Udayana Letkol Kav. Antonius Totok Y.P, S.I.P., disela-sela acara ziarah.

Peringatan Hari Juang TNI AD dapat juga dimaknai sebagai peringatan mengenang peristiwa bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan yang dikenal dengan Pertempuran Ambarawa yang terjadi dari tanggal 12 Desember 1945 dan puncaknya pada 15 Desember 1945 yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Adapun tema pada peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021 yang puncak peringatannya pada tanggal 15 Desember 2021 yakni “TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa.” Ini sebagai komitmen kita, bahwa TNI AD terus berupaya dan berperan bersama seluruh rakyat Indonesia dalam membangun bangsa.

“Kemanunggalan TNI-Rakyat harus terus terbina dan diperkuat sebagai satu kekuatan dalam menjaga kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Kapendam. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, LO AU dan perwakilan peserta ziarah lainnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *