Kodim 1623/Karangasem Gelar Penyuluhan : Jaga Kesehatan Melalui Pola Hidup Sehat

Foto : Suasana Penyuluhan Kesehatan yang dilaksanakan di area Kantor Kodim 1623/Karangasem.

KARANGASEM, tivibali.com- Kodim 1623/Karangasem menggelar penyuluhan Kesehatan yang dilaksanakan di area Kantor Kodim 1623/Karangasem yang di hadiri oleh Kasdim 1623/Karangasem Mayor Inf Puji Wliyono, Posilogdim 1623/Karangasem, Jajaran Danramil, Babinsa dan Anggota Makodim 1623/Karangsem.

Kegiatan yang dilaksanakan pada, Rabu (29/12/2021) ini menghadirkan narasumber dr. Ni Nengah Mini Widiantari, yang menyuguhkan materi kesehatan tentang Germas (Gerakan masyarakat sehat), dengan menerapkan pola hidup sehat. Dirinya menyebut bahwa pada intinya pola hidup sehat tidak memerlukan biaya yang besar, karena kegiatan dan pola makan yang baik itu sendiri sudah bagian dari hidup sehat.

Lebih jauh, gerakan masyarakat hidup sehat itu bertujuan agar masyarakat berprilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan tetap terjaga, produktif, lingkungan menjadi bersih serta biaya untuk berobat berkurang.

Adapun bentuk kegiatan dari GERMAS itu sendiri, sebagai berikut: melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan serta menggunakan jamban.

Untuk melakukan aktivitas fisik dapat dilakukan dimana saja seperti di rumah dengan menyapu, mengepel, kemudian diperjalanan dengan melakukan peregangan, disekolah dengan berolah raga, ditempat kerja juga dengan pergangan serta di tempat umum , minimal 30 menit sehari. Disampaikan juga agar rutin memeriksakan kesehatan seperti cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol, tes darah lengkap, cek lingkar perut dan deteksi dini kanker leher rahim untuk perempuan.

Selain itu tujuan penyuluhan kesehatan ini adalah sebagai bentuk upaya untuk mencegah penyakit yang tidak menular seperti hipertensi, diabetes, jantung dan beberapa penyakit lain yang tidak menular. (MAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *