Jaga Pengendalian Inflasi Pangan, Bank Indonesia Serahkan Bibit Cabai Kepada PKK Kabupaten Klungkung

  • Bagikan
Deputi kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari, saat penyerahan bibit cabai ke TP PKK Klungkung dengan disaksikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Switra, dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Switra.

KLUGKUNG, tivibali.com – Bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, melaksanakan penyerahan bibit cabai bantuan Bank Indonesia kepada Team Penggerak PKK Kabupaten Klungkung, Senin (26/9/2022).

Penyerahan secara simbolis bibit cabai dilaksanakan langsung oleh Deputi kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari, dengan disaksikan langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Switra, di dampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Switra

Diah Utari menyebut Pemberian bantuan bibit pohon cabe ini merupakan implementasi dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia pada 10 Agustus 2022 lalu di Surabaya dan dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Untuk gerakan tanam cabe ini BI membagikan 77000 bibit pohon cabe kepada kepada 9 Pemkab dan Pemkot dengan target PKK, Desa dan UMKM binaan BI , Pasraman dan Pesantren serta Klaster Pangan.

Penyerahan bibit cabai dari BI kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan PKK Kabupaten/Kota se-Bali telah dilaksanakan pada tanggal 2 September 2022. “Kami mengalokasikan 27000 bibit pohon cabe untuk PKK seluruh Kabupaten / Kota”, ujarnya.

Sebelumnya, pada 17 September lalu BI telah membagikan 3000 bibit pohon cabe dalam pollicy bag kepada 4 TP PKK komunitas masyarakat di Denpasar dan sekaligus melakukan penanaman di Subak Lungatad.

Dan hari ini Bank Indonesia akan membagikan 3000 bibit pohon cabe dalam poly bag yang selanjutnya Bupati Klungkung yang akan menyerahkan kepada TP PKK 4 Kecamatan di Kabupaten Klungkung, yakni (1) Kecamatan Klungkung, (2) Kecamatan Banjarangkan, (3) Kecamatan Dawan, dan (4) Kecamatan Nusa Penida, untuk kemudian diserahkan kepada TP PKK Desa/Kelurahan.

“Terima kasih kepada Ketua Penggerak PKK Kabupaten Klungkung, yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam pelaksanaan tugas Bank Indonesia khususnya untuk pengendalian inflasi pangan”, ucap Diah Utari

Astungkara berkat kerjasama semua pihak diantaranya dengan operasi pasar, bazar murah dan monitoring harga yang intensif, pada bulan Agustus, Bali mengalami deflasi sebesar 0,23% dibandingkan bulan Juli.

Melalui program tanam cabai ini, kami berharap kita semua dapat mengantisipasi kenaikan harga cabe yang berdasarkan data historis di Provinsi Bali biasanya mengalami kenaikan di bulan November / Desember, seiring dengan peningkatan kebutuhan dengan adanya event besar puncak G20, perayaan Natal dan Tahun Baru dan periode liburan.

Saat ini kita sudah masifkan gerakan tanamnya namun tidak kalah pentingnya agar seluruh hasil produksi panen petani khususnya cabe bisa terserap di pasar tanpa kuatir harga jatuh karena kelebihan supply. Oleh karenanya pentingnya pembentukan usaha pengolahan di hilir untuk hasil pertanian cabe seperti pembuatan bubuk bon cabe, pasta, dan lainnya serta pentingnya mendorong berdirinya UMKM pengolahan cabe. (*/a)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *