Puncak Acara Bali Jagadhita Culture Week III 2022, Ditandai Oleh Prosesi Pelepasan Exsport

  • Bagikan
Ket Foto: Pelaksanaan prosesi pelepasan Exsport oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, di dampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, dan Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Suartini Koster.

BADUNG, tivibali.com- Puncak acara Bali Jagadhita Culture Week III dilaksanakan kegiatan lomba merangkai bunga, serta fashion show hasil kolaborasi dan karya dari UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia Bali Nusra dan ditandai dengan pelaksanaan prosesi pelepasan exsport oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, di dampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, dan Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Suartini Koster, pada Minggu (6/11/2022).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menyebut bahwa Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022 adalah Sinergi dan Bangkit Bersama UMKM Bali Go Digital dan Go Global. Sebagai upaya Bank Indonesia mendukung UMKM Go Digital KPwBI Bali bekerjasama dengan perbankan untuk mendorong digitalisasi perbankan.

Tercatat sampai dengan 14 Oktober 2022 terdapat 538.122 merchant QRIS yang didominasi oleh Usaha Mikro. Sementara itu, upaya mendorong UMKM menembus pasar global KPwBI Bali telah menghubungkan UMKM dengan aggregator ekspor serta mendukung pelaksanaan pameran baik di dalam dan luar negeri.

Selama tahun 2022, berbagi prestasi yang diperoleh oleh UMKM binaan Bank Indonesia Bali diantaranya; UMKM kopi (Bali Arabika) mengikuti London Coffee Festival UMKM wastra (Putrimas) menjuarai World Crafts Council (WWC) Award For Handicraft Of Asia Pasific Region, UMKM wastra (Pagi Motley) mengikuti kegiatan dalam Paris Fashion Week,. UMKM kriya (Bara Silver) mengikuti Singapore International Jewelry.

Bali Jagadhita Culture Week III 2022

Bali Jagadhita Culture Week III ini merupakan event tahunan yang menampilkan karya terbaik UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan merupakan bagian dari pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

Sejalan dengan itu Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo megungkapkan bahwa iven ini sangat bagus untuk mengangkat UMKM Bali, perlu di ingat bahwa dukungan UMKM itu sangat besar dari sisi penyerapan tenaga kerja, paska pandemi di sisi ekonomi sudah mulai tumbuh, sudah seharusnya ekonomi bergerak dengan melibatkan semua sektor termasuk UMKM, dimana UMKM adalah bagian dari pondasi untuk ekonomi terus berkembang secara inklusif.

“Mudah-mudahan UMKM dapat terus membantu pada pertumbuhan Ekonomi dan membantu peran kepada kestabilan harga, khususnya UMKM yang terkait dengan pengadaan pangan, holtikultura maupun peternakan”, ungkapnya.

Lebih jauh, Trisno Nugroho membeberkan bahwa Bali Jagadhita Culture Week III 2022 yang berlangsung dari tanggal 4-6 November di Discovery Shoping Mall berjalan lancar. Diikuti oleh 35 UMKM Bali yang merupakan binaan KPwBI Bali dan Pemerintah Provinsi Bali, 4 UMKM NTB dan NTT, 7 perbankan, 3 Perumda untuk pasar murah, serta 11 UMKM produk makanan.

Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022 merupakan bagian dari gerakan nasional yang diprakarsai pemerintah yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Berwisata Indonesia (GBWI).

Selain itu untuk mendukung program pengendalian inflasi, kegiatan ini disinergikan dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) terutama untuk mendukung kestabilan harga komoditas volatile food bersama dengan perumda.

Pada malam puncak acara Bali Jagadhita Culture Week III 2022, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Diah Utari menyerahkan hadiah lomba, piagam dan piala kepada pemenang berbagai lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia pada festival ini. (AW)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *