Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Menggelar Acara Wisuda Qur’an Bil Ghoib

Ket Foto: Santri Putri Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi saat acara Wisuda Qur'an Bil Ghoib 30 Juz.

BLOKAGUNG, tivibali.com- Satu hari sebelum pelaksanaan acara Haul Masyayikh Ponpes Darussalam Blokagung yang ke 33, Pondok Pesantren Darussalam menggelar acara Wisuda Qur’an Bil Ghoib 30 Juz dan 15 Juz pada, Selasa (7/2/2023) pagi.

Tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini berbagai acara tampak dihadirkan menjelang Haul Masyayikh Ponpes Darussalam Blokagung yang ke 33 yang digelar pada Rabu (8/2).

Setelah sukses menggelar acara Wisuda Qur’an Bin Nadri pada (6/2), hari ini sebanyak 105 santri putri dan 5 santri putra Ponpes Darussalam Blokagung mengikuti acara Wisuda Qur’an Bil Ghoib 30 Juz dan 15 Juz.

“Saya mohon maaf jika mungkin selama saya bersama putri-putri njenengan sedanten banyak teledornya”, ucap Bu Nyai Hj Handariatul Masruroh saat mengawali sambutannya.

Sementara itu Bu Nyai Hj Hanik Maftuhah, pimpinan pusat Jamiyyah Pengasuh Pesantren-pesantren Putri dan Mubalighoh (JP3M). “Kita sebagai santri harus benar-benar riyadoh. Jika di dunia luar, ada gadis-gadis ayu seperti ini sudah pasti yang dipegangi hanya HP, coba lihat santri-santri ayu pondok pesantren, yang dipegang tentu Al Qur’an”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga berpesan, “Bapak Ibu jangan lupa agar menjadi orang yang mulia dunia akhirat, setiap malam di upayakan untuk melaksanakan sholat tahajud,” dawuh Bu Nyai Hj Hanik Maftuhah.

Rangkaian acara wisuda yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi itu, juga tidak meninggalkan prosesi pemberian syahadah kepada seluruh peserta wisuda. Setelah pemberian syahadah kepada seluruh wisudawati dan wisudawan, tampaknya Lembaga tahfidzul qur’an yang didirikan oleh Bu Nyai Hj Mahmudah Hisyam itu juga memberikan penghargaan kepada wisudawati terbaik dengan diambil 3 dari masing-masing tingkatan.

Wisuda 15 juz yang terdiri dari 71 santri putri untuk terbaik pertama diraih oleh Zulkarima santri yang berasal dari Banyuwangi, terbaik ke dua diraih oleh Mutia nur aini dari Lampung dan terbaik ke tiga diraih oleh Harirotus Sholikhah dari Banyuwangi.

Piagam penghargaan tersebut juga diberikan kepada wisudawati 30 juz, terbaik pertama oleh saudari Isna Fitriah dari Lampung, terbaik ke dua diraih oleh saudari Shofi Azizi dari Batam Kepulauan Riau, dan terbaik ke tiga diraih oleh saudari Ulvita’ul Ulum santri yang berasal dari Purwoharjo, Banyuwangi.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali dengan pencapaian ini, meski saya tidak dihadiri oleh orangtua saya, setidaknya mereka (Orangtua, red) bisa melihat saya melalui live streaming. Semoga Ponpes Darussalam semakin istiqamah illa yaumil qiyamah,” ujar Isna Fitriah, salah satu peserta khotmil 30 juz. (AZ/mtb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *