Wagub Tjok Ace Ajak Masyarakat Tukarkan Uang di Layanan Resmi Perbankan

Wagub Bali Cok Ace dan Kepala BI Bali Trisno Nugroho

DENPASAR, tivibali.com- Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dengan didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho memulai pelaksanaan Semarak Berkah Ramadhan dan Idul Fitri (Kick Off SERAMBI) 2023 yang ditandai dengan penekanan layar digital, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Senin (27/3/2023).

Dalam arahannya, Wagub Tjok Ace menyampaikan apresiasi atas kegiatan Kick Off SERAMBI 2023 yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Bali dalam penukaran uang layak edar menjelang hari raya Idul Fitri.

Wagub Bali menambahkan pada tahun ini Bank Indonesia menyiapkan penukaran uang layak edar menghadapi lebaran tahun 2023 meningkat dibanding lebaran tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut terkait dengan pertumbuhan perekonomian yang semakin membaik dan tidak ada lagi penetapan status PPKM oleh pemerintah serta tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat pada saat Idul Fitri. Untuk itu, Bank Indonesia akan melayani penukaran uang melalui perbankan di seluruh Provinsi se-Indonesia, termasuk di Provinsi Bali.

“Untuk masyarakat Bali yang akan menukarkan uang untuk perayaan Idul Fitri atau lebaran tahun 2023, saya minta agar menukarkan uang di Perbankan/tempat yang ditunjuk oleh Bank Indonesia. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali akan menyediakan kebutuhan uang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang cukup,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Trisno Nugroho dalam sambutannya dimana aktivitas ekonomi yang semakin membaik di Pulau Bali berdampak pada meningkatnya kebutuhan uang tunai. Untuk itu kami proyeksikan kebutuhan uang tunai selama Ramadhan 2023 adalah sebesar Rp. 2.985 miliar atau meningkat 5% dibandingkan tahun 2022. Disamping itu untuk kegiatan penukaran uang kami membuka layanan penukaran di 206 jaringan kantor bank yang tersebar di seluruh wilayah Bali serta layanan penukaran di fasilitas publik seperti Layanan di pusat keramaian, kas keliling bersama, serta Layanan Kas Peduli Mudik di Terminal Mengwi dan Padangbai.

“Kami berkomitmen memastikan ketersediaan uang Rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Bali pada periode bulan Ramadhan tahun 2023 ini, dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, just in time dan dalam kondisi layak edar,” tuturnya.

Trisno Nugroho juga berharap dengan kegiatan SERAMBI 2023 ini masyarakat akan teredukasi untuk Cinta Bangga Paham Rupiah khususnya mengenai cara pengelolaan uang. Hal ini seiring dengan permintaan uang yang semakin meningkat selama Ramadhan sehingga kami menghimbau masyarakat untuk “Belanja Bijak Menggunakan Rupiah” sebagai upaya kita bersama untuk menekan kenaikan harga barang/inflasi.

Kick Off SERAMBI 2023 pada pagi hari ini juga diisi dengan acara pelepasan mobil kas keliling yang akan berkeliling Bali melayani penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. (mtb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *