OJK Gelar Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan di Desa Bengkala Buleleng

  • Bagikan
Ket Foto: OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara saat kegiatan literasi dan inklusi keuangan di Desa Bengkala.

BULELENG, tivibali com, OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan khususnya perdesaan melalui kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Ring Desa Bengkala untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perdesaan.

“Inklusi keuangan harus inklusif menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk kaum marginal. Hal inilah yang melatarbelakangi Desa Bengkala ditetapkan sebagai pilot project GM EKI selain potensi UMKMnya yang dapat diberdayakan,” kata Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Kristianti Puji Rahayu saat pembukaan kegiatan di Desa Bengkala, Buleleng, Minggu (8/10/2023).

Kristrianti mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam mendorong keterbukaan dan kemudahan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, karena akses keuangan merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup seseorang, serta mewujudkan kemandirian ekonomi melalui kemudahan akses keuangan.

“Akses keuangan harus merata dan dilakukan secara inklusif dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Jika kita bicara inklusi maka no one left behind. Literasi keuangan yang memadai dan keuangan yang inklusif akan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah,” kata Kristrianti Puji Rahayu.

Lebih lanjut, Kristrianti menyebut bahwa kegiatan ini akan membantu masyarakat memiliki kesempatan untuk memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan secara lebih optimal dalam merencanakan keuangannya seperti untuk menabung, mendukung kegiatan usaha, berinvestasi dan lainnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang dilaksanakan pada Bulan Oktober setiap tahun. “BIK Ring Desa Bengkala” juga merupakan wujud sinergi antara OJK dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, PUJK dan stakeholder lainnya yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Buleleng. Kegiatan diisi dengan berbagai pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengenalan produk serta layanan jasa keuangan dari Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Selain itu, juga dilaksanakan pembukaan rekening berbagai produk jasa keuangan secara simbolis, antara lain Pembukaan Tabungan dari PT BPD Bali kepada Desa Bengkala dan Kelompok Ekonomi Masyarakat (KEM) Kolok Desa Bengkala, dan Rekening Simpanan Pelajar oleh PT BPR Nusamba Kubutambahan Kepada Siswa Siswi SD Negeri 2 Bengkala.

Disisi lain pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembukaan Rekening Tabungan Emas oleh PT Pegadaian KC Singaraja Kepada Ketua PKK Desa Bengkala, Produk Reksadana oleh PT BRI Danareksa Sekuritas kepada Masyarakat Desa Bengkala, dan Pembukaan Produk Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) oleh PT Jasindo KC Denpasar Kepada KEM Kolok Bengkala. (mtb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *