Gelar Media Gathering, KPU Provinsi Bali Sampaikan Kesiapan Pemilu 2024

Ket Foto: Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan

DENPASAR, tivibali.com- KPU Provinsi Bali menggelar media gathering dengan awak media pada Selasa (19/12/2023) bertempat di Duta Orchid Denpasar. Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan meminta kepada awak media untuk menjaga kondusifitas dan juga kwalitas pemilu.

Jadi segala macam hoax dan tudingan yang di alamatkan ke KPU, media dapat berperan sebagai alat pembersih dan penyaring berita hoax, selain itu Lidartawan berharap awak media dapat  membantu penyebaran informasi pada setiap kegiatan yang kita lakukan oleh KPU Provinsi Bali.

Lidartawan menyebut bahwa saat ini kampanye sedang berjalan dan dalam masa pembuatan laporan dana kampanye juga bersamaan dengan pemutahiran data pemilih pindahan, selain itu KPU Provinsi juga sedang melakukan kesiapan alat pemungutan suara dan pengadaan logistic pemilu tahap pertama, tahap kedua.

Ketua KPU Provinsi Bali Optimis dalam Pemilu 2024 akan berjalan lancar dengan jumlah partisipasi pemilih mencapai 83%, “target ini tidak muluk-muluk”,ujarnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa terkait kotak suara, KPU tidak melakukan perakitan kotak suara lebih awal, ini mengantisipasi adanya kelembaban tinggi di Gudang KPU sehingga menyebabkan kotak suara tidak bagus.

Kemudian yang terahir adalah persiapan KPPS, sampai hari ini masih banyak yang kurang, menurutnya  pada pemilu kali ini animo masyarakat untuk menjadi KPPS berkurang, dikarenakan aktifitas pelaku pariwisata sudah meningkat dimana jika dibandingkan dengan pemilu 2019 yang saat itu dalam suasana covid-19 dan banyak yang dirumahkan sehingga lebih tinggi animonya.

Lebih lanjut, jumlah KPPS yang di butuhkan adalah 7 kali jumlah TPS yang ada di Provinsi Bali, kemudian terkait masih kurangnya petugas KPPS, KPU Provinsi Bali akan mengambil langkah-langkah aternatif dengan melakukan pengumuman, melakukan Kerjasama dengan Karang Taruna, Sekar Truna Truni, Guru PGRI dan sebagainnya, “jika masih belum terpenuhi kita akan meminta temen-temen di desa”, terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Komisioner KPU I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya menyebut bahwa sesuai dengan Keputusan KPU Provinsi Bali nomor 74 Tahun 2023 Daftar Pemilih Tetap Provinsi Bali yaitu; Jumlah Pemiliih 3.269.516 pemilih, dengan pemilih laki-laki sebanyak 1.617.276 dan pemilih perempuan 1.652.240 pemilih, dengan jumlah TPS sebanyak 12.809 TPS, lebih jauh dirinya menjelaskan bahwa ada 18 TPS Khusus , yang tersebar di 11 lokasi dengan total pemilih sebanyak 3.743 orang pemilih.

Terkait DPTb, pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT tapi karena keadaan tertentu ingin menggunakan hak suaranya di TPS lain, KPU telah menyiapkan posko-posko di setiap desa, sehingga masyarakat dapat segera mengurus proses pindah memilihnya.(AW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *