Indek Penjualan Riil Meningkat 1,9%(mtm), Desember: Kinerja Penjualan Eceran di Bali Diprakirakan Meningkat

Ket Foto: Foto di Ambil dari Gerai Penjualan Eceran di Denpasar

DENPASAR, tivibali.com- Kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali pada Desember 2023 diprakirakan meningkat
dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali pada Desember 2023 yang diprakirakan sebesar 108,5 atau secara bulanan meningkat 1,9% (mtm) dibandingkan dengan periode November 2023 yang tercatat sebesar 106,4.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa tren peningkatan kinerja penjualan eceran di Bali terus berlanjut dalam 10 (sepuluh) bulan terakhir. Kenaikan ini sejalan dengan membaiknya kondisi perekonomian Bali yang terus tumbuh positif, (14/1/2024).

Selain itu, peningkatan penjualan eceran pada bulan laporan juga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan karena perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru. Lebih lanjut, hal ini juga didukung oleh tetap terjaganya optimisme konsumen yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di bulan Desember 2023 tercatat sebesar 141,1.

“Tren positif kondisi perekonomian di Bali juga sejalan dengan membaiknya perekonomian nasional”, ujarnya.

Erwin membeberkan bahwa peningkatan kinerja penjualan ritel di Bali didorong oleh kenaikan pada seluruh kelompok barang terutama pada kelompok barang bahan bakar kendaraan bermotor 5,9% (mtm), kelompok barang peralatan informasi dan komunikasi 5,1% (mtm), kelompok barang makanan, minuman & tembakau 3,1% (mtm), serta kelompok barang lainnya 2,8% (mtm).

(mtb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *