Satpol PP dan Satlinmas Memiliki Peran Menciptakan Keamanan dan Ketentraman Masyarakat

  • Bagikan
Ket Foto: Pj Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya dalam peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62 Provinsi Bali.

BADUNG, tivibali.com- Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat memiliki peran penting dalam menciptakan keamanan dan ketentraman dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya dalam peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62 Provinsi Bali Tahun 2024 pada Jumat (22/3/2024) pagi bertempat di Lapangan Mangupura Mandala Puspem Badung.

Mahendra Jaya menyampaikan sebagai power on hand dari kepala daerah, Satpol PP harus pro aktif membantu kepala daerah dalam menegakkan Perda dan Perkada guna menjaga keamanan dan ketentraman serta menyukseskan pembangunan daerah.

Sementara Satuan Perlindungan masyarakat diharapkan dapat mendukung kepala desa dalam menjaga keamanan lingkungan desa guna suksesnya pembangunan di desa.

“Saya bangga dengan dedikasi, loyalitas, dan kinerja yang telah ditunjukkan selama ini oleh Satpol PP dan Satlinmas,” ungkapnya.

Mengusung tema ‘Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 Menuju Bali Trepti Guna Mendukung Pariwisata Budaya Bali yang Berkelanjutan’, Pj. Gubernur Bali meminta agar personel Satpol PP dan Satlinmas tidak arogan serta dapat bersikap humanis dan membantu masyarakat termasuk wisatawan yang memerlukan pertolongan. Ia berharap personel Satpol PP dan Satlinmas dapat terus meningkatkan kemampuan, semangat, disiplin serta melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang berlaku.

Sementara terkait pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Bali, Mahendra Jaya menyampaikan telah berjalan dengan lancar sesuai tahapan yang telah ditetapkan. “Situasi Kamtibmas sangat kondusif, tidak terjadi konflik terbuka dan partisipasi pemilih tinggi, di Bali di atas rata-rata nasional,” jelasnya.

Ia menilai capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kolaborasi penyelenggara Pemilu dengan seluruh stakeholder terkait termasuk aparat keamanan (Polri dan TNI) didukung Satpol PP dan Satlinmas.

Disamping itu, Pj. Gubernur Bali juga menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Badung yang telah membentuk dan memberdayakan Unit Polisi Pamong Praja Khusus Pariwisata dan menugaskannya pada destinasi-destinasi wisata di wilayah Kabupaten Badung guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Ia berharap Kabupaten/Kota lainnya di Bali kedepannya juga dapat membentuk Unit Pol PP Khusus Pariwisata seperti yang ada di Kabupaten Badung.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan dengan penyerahan penghargaan Bali Trepti 2 kepada SatPol PP Kabupaten Badung, Satpol PP Kabupaten Tabanan, Satpol PP Kabupaten Bangli, BPD Bali, PT. Delapan Benua Khatulistiwa dan Yayasan Sintesia Animalia yang diserahkan oleh Pj. Gubernur Bali didampingi oleh Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta dan Kasatpol PP Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi. (mtb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *