Memperingati Perayaan Hari Batik Nasional, Membatik Bersama Mendunia

  • Bagikan

DENPASAR, tivibali.com- Indonesia yang dikenal dengan kekayaan budayanya yang melimpah tentu perlu dijaga terus menerus kelestariannya agar tidak punah dan terlupakan begitu saja. Salah satu wujud usaha pelestarian kekayaan budaya di Indonesia adalah dengan adanya peringatan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan setahun sekali, Sabtu (02/10/2021).

Hari Batik Nasional merupakan salah satu peringatan yang dirayakan di seluruh Indonesia pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Perayaan Hari Batik Nasional tersebut dimulai sejak Unesco pada 2 Oktober 2009 lalu, telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi Indonesia.

Terkait perayaan hari tersebut, Ibu Ketua Persit PD IX/Udayana Ibu Uli Simanjuntak bersama Pengurus Dharma Pertiwi Daerah J Kodam IX/Udayana, secara Virtual mengikuti kegiatan memperingati Hari Batik Nasional di Kantor Darma Pertiwi Daerah J ruang Griya Bali Blink Blink, Jl. M.T. Haryono.

Kegiatan yang dilaksanakaan di Pelataran Pendopo Halim Perdana Kusama Jakarta tersebut, diawali dengan sambutan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nani Hadi Djahjanto, yang juga diikuti secara virtual tersebut oleh seluruh Ibu-ibu Darma Pertiwi di seluruh Indonesia.

“Batik telah mendarah daging sejak zaman nenek moyang, keragamannya juga merupakan hasil dari akulturasi keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, sehingga harus kita jaga bersama”, Ujar Ketum Dharma Pertiwi.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan Ibu Negara RI Ibu Hj. Iriana Joko Widodo yang juga sebagai penasehat Dharma Pertiwi, yang intinya menyampaikan setiap tanggal 2 Oktober kita memperingati Hari Batik, ini merupakan Warisan budaya adiluhur bangsa Indonesia yang telah diakui Unesco.

“Harus menjadi tugas dan kewajiban kita bersama untuk menjaga warisan budaya tersebut agar diketahui, digemari, dicintai serta dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia, serta memberikan branded pada setiap lembarnya karya Batik yang telah dibuat” ungkap Ibu Negara.

Kegiatan Hari Batik Nasional kali dengan mengusung tema “Membatik Bersama Mendunia”, secara resmi dibuka oleh Ibu Negara RI dengan memukul Kentongan yang diikuti oleh Ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi, sebagai tanda dimulainya membatik bersama diseluruh Indonesia dan perwakilan Indonesia yang ada diluar negeri. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *