Penghargaan Bhumandala Award 2023, Junjung Tinggi Pelestarian Lingkungan

Ket Foto : Peraih Pengharga Bhumandala Award 2023.

DENPASAR, tivibali.com- Penghargaan Bhumandala merupakan wujud apresiasi dan pengakuan yang diberikan Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang diniali unggul dalam pengembangan dan penerapan pemanfaatan Informasi Geospasial (IG).

Konsep ‘Bhumandala’ diambil dari filsafat sansekerta, yang menandakan kesatuan mendalam antara umat manusia dan alam semesta. Tujuan utama dari penghargaan ini adalaha agar menginspirasi dan memotivasi lebih banyak pihak untuk turut berkontribusi terhadap pelestarian alam dan lingkungan, sehingga menjunjung tinggi keberlanjutan planet kita.
Pada 2023.

Bertempat di Kartika Plaza Hotel Kuta Bali, Penghargaan Bhumandala yang diberikan untuk tiga kategori, yaitu:
Bhumandala Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan Bhumandala Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan diselenggarakan oleh Pusat Pemetaan Batas Wilayah (PPBW).

Kategori baru di Penghargaan Bhumandala ini diberikan untuk mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan Informasi Geospasial Dasar (IGD), dalam hal ini unsur batas wilayah terutama batas desa/kelurahan.

Bhumandala Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan selaras dengan komitmen pemerintah untuk pelaksanaan kebijakan satu peta, salah satunya percepatan penyediaan unsur batas wilayah sebagai bagian dari perwujudan IGD. Perolehan data batas wilayah dilakukan sesuai dengan tahapan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa (PPBDes).

Parameter dan tahapan penilaian untuk kategori ini adalah kualitas data dan aktivitas terkait yang mendukung tercapainya keluaran unsur batas desa/kelurahan yang sesuai dengan ketentuan teknis pemetaan.

Bhumandala Nama Rupabumi Bhumandala Nama Rupabumi dilaksanakan semenjak 2022 oleh Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim BIG.

Penghargaan ini merupakan bentuk penghargaan kepada instansi pemerintah pusat (kementerian/lembaga) dan pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) yang dinilai telah melaksanakan penyelenggaraan nama rupabumi dengan sangat baik, sehingga manfaatnya terasa untuk tertib administrasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Bhumandala Nama Rupabumi adalah bagian dari mekanisme pemantauan dan evaluasi teknis yang diamanatkan oleh PP 2/2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi. Bahwa nama rupabumi sangat penting karena memberi konteks dan konten pada sebuah peta. Tanpa nama rupabumi, peta hanya sebuah gambar yang minim informasi. Selain itu, nama memiliki nilai penting terpaut dengan pelestarian budaya, adat istiadat, dan sejarah. Sehingga penyelenggaraannya membutuhkan kerja keras dan patut diapresiasi.

Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Penghargaan Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial adalah pemberian apresiasi kepada pemerintah pusat dan daerah yang dinilai berhasil mengembangkan inovasi pemanfaatan Informasi Geospasial (IG) dalam tata kelola pemerintahannya, sehingga berdampak pada produktivitas maupun efektivitas kinerja lembaga.

Berikut pemenang Penghargaan Bhumandala 2023:

Pemenang Bhumandala Informasi Geospasial Batas Desa/Kelurahan
Emas (Kategori Pemerintah Provinsi): Provinsi Jawa Timur meraih Emas (Kategori Pemerintah Kabupaten): Kabupaten Madiun, Jawa Timur meraih Emas (Kategori Pemerintah Kota): Kota Tangerang, Banten Pemenang Bhumandala Nama Rupabumi
Kategori Kementerian/Lembaga. Peraih Emas: Kementerian PUPR, Peraih Perak: Kementerian ESDM, Perunggu: Kementerian KKP & PushidrosAL

Kemudian Kategori Pemerintah Provinsi Peraih Emas: Provinsi Jawa Barat, Peraih Perak: Provinsi Jawa Tengah, Peraih Perunggu: Provinsi Jawa Timur.

Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Peraih Emas: Kabupaten Magelang, Peraih Perak Kabupaten Bandung, Peraih Perunggu: Kabupaten Cianjur.

Sementara itu Pemenang Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Kategori Kementerian/Lembaga, Peraih Emas : Kementerian Agraria dan Tata Ruang; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Peraih Perak : Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Peraih Perunggu: Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan

Kategori Pemerintah Provinsi, Peraih
Emas : Provinsi Jawa Barat, Peraih Perak : Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi D.I. Yogyakarta Perunggu : Provinsi Jawa Barat; Provinsi D.I. Yogyakarta; Provinsi Riau.

Kategori Pemerintah Kabupaten: Peraih Emas : Kabupaten Sampang; Kabupaten Tulungagung, Peraih Perak : Kabupaten Tabalong; Kabupaten Sragen; Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Peraih Perunggu: Kabupaten Sleman. (mtb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *