Kakanwil Kemenkumham Bali Gandeng Rotary Club Of Bali Dalam Agenda Kesehatan

Ket Foto: Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto.

BADUNG, tivibali.com – Kanwil Kemenkumham Bali bersama Rotary Club of Bali Taman melakukan kolaborasi dalam meningkatkan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kerobokan Kelas IIA Kerobokan pada Selasa (30/1). Kegiatan mencakup Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test dan penyuluhan kesehatan bagi WBP.

Selama 3 hari, seluruh WBP di Lapas Perempuan mendaftar dan memberikan riwayat obstetri sebelum mengikuti IVA test. Peserta yang memenuhi syarat, termasuk yang telah melakukan hubungan seksual dan tidak sedang hamil, dapat mengikuti pemeriksaan. IVA test dilakukan di dalam mobil Klinik Keliling Kesehatan Wanita, menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat untuk deteksi dini kanker leher rahim. Pada hari pertama, 52 peserta menghasilkan kontribusi positif dalam deteksi dini kanker leher rahim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto, berharap kerjasama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan peningkatan derajat kesehatan WBP di Lapas/Rutan di Provinsi Bali.

“Semoga keberhasilan pemeriksaan IVA test hari pertama menjadi awal yang baik, dan hasilnya memberikan dorongan untuk mengadakan kegiatan serupa secara berkala” ungkap Romi.

Kakanwil Kemenkumham Bali berharap kolaborasi tersebut tidak hanya mencakup pencegahan kanker leher rahim, tetapi juga melibatkan aspek kesehatan lainnya, membentuk pola hidup sehat di dalam lingkungan pemasyarakatan. “Dengan demikian, WBP dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan dapat berkontribusi positif terhadap masyarakat setelah bebas” tuturnya (mtb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *