Hari Pertama Rakernas ke-X HARPI Melati: 6 Pakem Tatarias Pengantin Bali di Tampilkan

Ket Foto: 6 (enam) Pakem Tatarias Pengantin Bali di tampilkan dam Rakernas ke-X HARPI Melati

DENPASAR, tivibali.com- Bertempat Prime Plaza Hotel, Sanur acara Rakernas HARPI Melati, diawali dengan gala dinner, mengawali opening 400 perserta dari 26 DPD yang hadir di suguhkan dengan tarian yang menitipkan pesan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Eka.(31/10/2022).

Ketua Panitia Rakernas ke-X, RA Kanas Kosasih K mengatakan bahwa dalam Rakernas Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati kali ini ada 6 tatarias pengantin Bali di tampilkan yang selanjutnya dipakemkan, masih dalam rangkean Rakernas, pada tanggal 2 November 2022 akan dilaksanakan Uji Kompetensi yang di ikuti oleh 100 peserta, selain itu pada puncak kegiatan ini akan ada seminar Wonderful Indonesia yang menyajikan tatarias pengantin dengan narasumber Nasional.

Hari ini Ketua Umum DPP HARPI Melati, Ny Suyati Harun memberi penghargaan kepada Anggota Dewan Kehormatan DPD HARPI Melati, Ni Luh Gede Juli Wirahmini pemilik salon Giri Putri yang telah memberikan kontribusi nyata terwujudnya 6 pakem tatarias pengantin Bali.

Ketua Umum DPP HARPI Melati, Ny Suyati Harun saat memberi penghargaan kepada Ni Luh Gede Juli Wirahmini.

Ny Suyatmi Harun menyebut sangat mendukung terwujudnya 6 pakem tatarias pengantin Bali, “pemakeman tatarias pengantin adalah sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya yang nantinya dapat diwariskan kepada anak cucu kita”, ucapnya.

Melalui Rakernas, Seminar, HARPI Melati terus menampilkan pakem tatarias pengantin Nusantara, sehingga orang tertarik untuk mempelajari, “kita di HARPI juga ada lembaga sertifikasi”, terangnya. Lembaga sertifikasi ini berfungsi sebagai pendukung penggiat tatarias pengantin untuk meningkatkan keahliannya dan memiliki kompetensi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Kami HARPI Melati sampai saat ini sudah ada 136 Kabupaten yang sudah dibakukan tatarias pengantinnya dan ini terus menerus kita lakukan, “setiap tahunnya selalu ada tatarias pengantin daerah yang dibakukan”, ungkapnya.

Menurutnya tararias pengantin Bali memiliki ciri khas khusus, selain memiliki keanggunan, keindahan, tatarias pengantin Bali juga memiliki pesona yang berbeda, bahkan dirinya optimis bahwa tatarias pengantin Bali diminati oleh masyarakat Indonesia.

Ketua Umum DPD HARPI Melati menyampaikan komitmennya untuk terus menggali, melestarikan, mengembangkan dan mensosialisasikan tatarias pengantin daerah yang pakem, selain itu inovasi juga dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasar, namun tetap dalam koridor pakem.

Lebih jauh HARPI Melati juga akan mensosialisasikan baik secara langsung, maupun virtual agar bukan terbatas masyarakat Bali saja yang mengenal tatarias pengantin Bali namun dengan sosialisasi tersebut tatarias Bali bakal dikenal seluruh Indonesia. (AW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *